Menurut IEEE(1993) Perangkat Lunak adalah program komputer, prosedur, aturan, dokumentasi yang berkaitan, serta data yang saling berhubungan dalam satu sistem komputer.
Apa Rekayasa Perangkat Lunak(Software Engineering)?
Roger R. Pressman mengatakan bahwa, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah perubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara dan membangun kembali prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif bagi pengguna.
Rekayasa Perangkat Lunak memiliki konsep dasar yang menjadi poin penting, yaitu sebagai berikut:
- Rekayasa Perangkat Lunak memiliki penerapan pendekatan yang sistematis, disiplin dan dapat diukur berdasarkan pengembangan, penilaian, implementasi, pengujian , operasi, pemeliharaan perangkat lunak serta rekayasa ulang perangkat lunak tersebut.
- Rekayasa Perangkat Lunak dapat berkaitan dengan semua aspek produksi perangkat lunak dari tahapan awal spesifikasi sistem hingga pemeliharaan sistem ketikan mulai digunakan.
- Rekayasa Perangkat Lunak diperlukan dalam pengembangan Perangkat Lunak skala besar maupun kecil, sehingga didalam pengembangan tersebut memerlukan sebuah tim yang baik dengan menerapkan teknik-teknik rekayasa agar pengembangan dapat berjalan sesuai rencana.
- Rekayasa Perangkat Lunak memiliki teknik-teknik yang harus diterapkan pada pengembangan Perangkat Lunak yaitu meliputi; Spesifikasi, Pengembangan, Validasi dan Evolusi.
Secara khusus, tujuan Rekayasa Perangkat lunak adalah biaya produksi dan perawatan perangkat lunak yang lebih rendah, menghasilkan perangkat lunak yang mampu bekerja pada semua jenis platform dengan baik, menciptakan user friendly yang memiliki tampilan menarik, mendapatkan
kegiatan yang sistematis termasuk biaya, adanya perawatan/maintenance pada perangkat lunak tersebut, dan kualitas pekerjaan, serta mampu menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya handal dan tepat waktu. Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam sebuah perusahaan, seperti pembuatan aplikasi yang mampu menghitung berapa banya orang yang berjalan kaki, menggunakan kendaraan pribadi, dan menggunaka kendaraan umum, serta aplikasi yang dapat menyimpan data/gambar langsung ke drive pribadi.
Dalam pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak mencakup beberapa hal penting, sebagai berikut:
- Proses, step by step yang dilakukan dari semua aspek teknis yang dibutuhkan untuk pengembangan perangkat lunak dari awal(spesifikasi) sampai tahapan akhir(evolusi).
- Produk, suatu hasil Perangkat Lunak yang sudah dikembangkan secara optimal dan sudah siap digunakan oleh pengguna.
- Manajemen, melakukan pengelolaan kerika membangun Perangkat Lunak dan mencakup juga beberapa point penting yang perlu diperhatikan seperti; resourch, time, budget, human, supplier, risk, dan lain-lainnya.
- Mulai dari tahap Spesifikasi, perangkat lunak membuat fungsionalitasnya dengan batasan-batasan tertentu.
- Pengembangan, memberikan panduan agar pengembangan berhasil dijalankan dengan mengikuti model prosesnya berdasarkan metode-metode seperti;
- Metode SDLC(System Development Life Circle),
- Analisis dan definisi kebutuhan,
- Perancangan sistem,
- Implementasi dan pengujian unit,
- Integrasi dan penguji sistem,
- Penyebaran sistem serta
- Opersi dan pemeliharaan.
- Metode Prototyping, tahapan pengembangan yang dilakukan berdasarkan identifikasi kebutuhan pemakai dan pengembang pengguna, berikut tahapannya:
- Pengumpulan kebutuhan,
- Quick desain,
- Pembangunan prototype,
- Evaluasi pelanggan(user).
- Metodelogi (waterfall), melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan makanya disebut waterfall karena harus menyelesaikan tahapan sebelumnya agar bisa lanjut ketahapan berikutnya.
- Validasi yaitu perangkat lunak tersebut harus dapat memenuhi semua keinginan pengguna dengan sesuai dan semestinya. Meskipun kemungkinan adanya terjadi ketidak sesuaian dengan keinginan pengguna tetapi inilah gunanya tahapan validasi agar semua diusahakan dapat berjalan dengan sesuai.
- Sampai tahap terakhir Evolusi, pada tahap ini perangkat lunak dapat berkembang dan berjalan dengan baik agar memenuhi semua kebutuhan pengguna.
- Public (Masyarakat), seorang Software Engineer harus bertindak konsisten dengan mengepentingkan kepentingan masyarakat.
- Client and Employer, seorang Software Engineer harus melakukan yang terbaik bagi klien dan atasan mereka serta tetap konsisten terhadap kepentingan masyarakat.
- Product (Produk), seorang Software Engineer haru smenjamin bahwa produk yang mereka buat dan modifikasi memenuhi standar profesional setinggi-tingginya.
- Judgement (penilaian), seorang Software Engineer harus mempertahankan/menjaga integritas dan independensi penilaian profesional mereka.
- Management (Manajemen), manejer dan PL harus bisa mengikuti dan mempromosikan pendekatan etis untuk manajemen sebuah pengembangan PL dan pemeliharaannya.
- Profession (Profesi), seorang Software Engineer harus mengepentingkan integritas dan reputasi profesi yang konsisten terhadap kepentingan masyarakat.
- Collegues (Kolega), seorang Software Engineer harus bersikap adil dan mendukung kolega/rekan kerja mereka.
- Self (Diri sendiri), seorang Software Engineer harus berpartisipasi dalam pembelajaran seumur hidup menegnai paraktek profesi mereka dan harus mempromosikan pendekatan etika terhadap praktek profesi tersebut.
- Perangkat Lunak adalah program komputer, prosedur, aturan, dokumentasi yang berkaitan, serta data yang saling berhubungan dalam satu sistem komputer.
- Roger R. Pressman mengatakan bahwa, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah perubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara dan membangun kembali prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif bagi pengguna.
- Tujuan Rekayasa Perangkat lunak adalah biaya produksi dan perawatan perangkat lunak yang lebih rendah, menghasilkan perangkat lunak yang mampu bekerja pada semua jenis platform dengan baik, dan kualitas pekerjaan, serta mampu menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya handal dan tepat waktu.
- 3 Hal yang mencakup kedalam pengembangan RPL, yaitu Proses, Produk dan Manajemen.
- Rangkaian yang meliputi proses perangkaian Perangkat Lunak, yaitu Spesifikasi, Pengembangan, Validasi dan Evolusi.
- Penjelasan nyata bahwa Software Enginering (RPL) ≠ Software Development (Pengembangan PL)
- 8 prinsip profesional Software Engineering , yaitu Public, Client, Product, Judgement, Management, Profession, Collagues dan Self.
Daftar Pustaka:
- E-learning DRPL
- Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) – Judul Situs (wordpress.com) https://andika532.wordpress.com/2016/11/18/konsep-dasar-rekayasa-perangkat-lunak-rpl/.
- Rekayasa Perangkat Lunak : Pengertian, Contoh, dan Penerapannya - IDCloudHost. https://idcloudhost.com/rekayasa-perangkat-lunak-pengertian-contoh-dan-penerapannya/.
- Proses pengembangan perangkat lunak - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopediabebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Proses_pengembangan_perangkat_lunak.
- Mengenal Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) - Flin Setyadi. https://flinsetyadi.com/rekayasa-perangkat-lunak/.
- PowerPoint Presentation (dinus.ac.id). https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/rpl_1_Pengenalan_RPL.pdf.
- Prinsip-Prinsip & Etika di Software Engineering | by Bryan Agam Kottama | Medium. https://medium.com/@bryanagamk/prinsip-prinsip-etika-di-software-engineering-8dbfc3d7da78.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar